Intip yuk Teknik Belajar PHP Untuk Pemula

Intip yuk Teknik Belajar PHP Untuk Pemula

Hypertext prepocessor yang dapat berfungsi untuk membuat situs yang luas, bahasa pemograman ini di gunakan secara beriringan dengan HTML.

Pertama-tama kamu introduce terlebih dahulu programming XAMPP

Xampp ini adalah programming just a single yang di dalamnya terdapat web server PHP dan information base server.

Kita buka aplikasi xampp control board

Aplikasi ini harus selalu di jalankan sebelum kalian mulai membuat halaman PHP, pastikan dulu control panelnya jalankan, lalu kalian jalankan servernya. Ada banyak server di kasih sama xampp ini, ada web server yang akan kalian gunakan yaitu information base server, Apache, SQR, File Zilla buat stp server tapi yang kalian gunakan Apache.

Jalankan Apacheenya

Dengan mengklik tombol begin, tunggu modulnya berubah menjadi warna hijau, untuk mengecek apakah servernya sudah jalan apa belum, kalian cukup buka program, lalu ketikan di sana nearby host ini mengacu ke web server, jika sudah tampil bacaanya XAMPP Apache + MariaDB + PHP + Peri berarti itu udah typical berjalannya. Web servernya harus di jalankan, lalu cek menggunakan program ketik nearby host.

Karena PHP nggak bisa seperti HTML,CSS, dan Java content yang bisa di simpan di mana saja. Sekarang kalian harus siapkan envelope Xamppnya, kalian buka foldernya, nanti ada bacaanya organizer despise doc. Kamu buat organizer baru terserah mau kalian kasih nama apa, jadi nanti setiap buat foldernya, foldernya akan bertambah terus. Sekarang kalau kalian ingin mengeceknya buka aja neighborhood have balik lagi ke program arahkan ke organizer tadi, anggap aja nearby host sebagai HT doc, lalu kalian navigasi ke dalamnya php dasar lalu di dalamnya ada nama envelope kalian. Tampilnya ada bacaan record of blabla karena di dalamnya belum ada document php apapun. Jika kalian punya di dalam organizer document php yang namanya file doc php, maka otomatis halaman tersebut adalah halaman yang pertama tampil di envelope ini, ketika kalian tuliskan itu.

Buat document record envelope nama yang kalian beri tadi

Lalu kalian buka aplikasi MAMP, jalankan dulu aplikasinya sampai berwarna hijau, kalau sudah buka program ketikan neighborhood have nanti akan tampil dari isi docnya. Masuk ke organizer HTDOC nya kalian lihat php dasarnya buat dulu nama envelope tadi lalu buka ke sable content, sekarang kalian buat document baru kasih nama index.php. kalian tulis materi SINTAKS DASAR PHP, sebelum kalian menulisnya kalian tag dulu seperti. untuk menuliskan sintaks komentar pada php, jadi tiap bahasa pemograman punya komentar di dalam kodenya. Komentar adalah sintaks pemrograman yang tidak akan di eksekusi baik itu oleh kompail maupun translator, jadi biasanya di gunakan oleh para software engineer untuk menjelaskan fungsi dari baris-baris kodenya atau untuk mematikan atau mendisable kodenya. Di dalam php untuk menuliskan komentar ada dua cara yaitu :

Menggunakan/ini adalah komentar,/ini juga komentar => untuk memberikan komentar satu baris

Atau gunakan/**/=> untuk memberikan komentar banyak baris

Dengan menggunakan kode proofreader kalian cukup tulis control/nanti akan di buatkan komentarnya. Kalau kalian punya misalkan banyak sintaks, sintaks ini akan di jadikan komentar kalian cukup blok aja, lalu tekan control/, nanti semua akan berubah menjadi komentar. Buat mengembalikannya lagi kalian cukup blok lagi, lalu control/nanti komentarnya hilang. Komentar kita gunakan untuk menjelaskan materi mengenai sintaks php.

Sintaks php yang kalian bahas selain komentar tadi, yaitu/standar yield => sebuah perintah di php yang di gunakan untuk menampilkan sesuatu kelaya. Kalian gunakan sintaks/resound atau print => mencetak ,/print_r => mencetak isi beam,/var_dump => melihat isi variable.

Contoh: reverberate “tulis nama kalian”; artinya php untuk mencetak nama kalian ke layar. Semua komentar tidak akan di jalankan oleh php, begitu ada reverberate baru di jalankan, spare dulu. Bagaimana cara melihatnya? Kalian masuk ke program masuk ke php dasar nama envelope yang kalian buat akan tampil nama kalian. Yang kalian lihat di program kalian sebagai client pada saat kalian bikin web di kode manager kalian sebagai software engineer.

Untuk para developer pemula pada saat kalian buka di program kalian sebagai client, kebetulan kalian sebagai client ada di PC yang sama servernya, tapi nanti kedepannya mungkin aja client dan server itu ada di tempat yang berbeda entah server nya ada di web atau di mana. Yang mengakses kalian sendiri ke server ada di PC atau ada di workstation kalian, jadi kalian klik kanan lalu see peccor kalian lihat hanya ada tulisan nama kalian aja, tidak ada sintaks phpnya. Mengapa demikian??? Karena php tidak bisa dicontek.

Maka yang tampil di client adalah HTML. Kenapa berbentuk teks biasa bukannya HTML? Ini yang kita lihat HTML, tapi kalau see peccor nggak kelihatan HTMLnya, kalau kalian ingin lihat HTMLnya klik kanan insfek jangan see, kalau kalian insfek maka akan tampil HTML. Kalau kalian tulis print itu sama dengan reverberate.

Contoh: kalau kalian tulis print_r”nama kalian”; kalian kasih kurung print_r(“nama kalian”); hasilnya sama juga.

Contoh : var_dump”(nama kalian”); hasilnya akan berbeda. Var_dump => memberikan informasi tidak hanya apa yang di tampilkannya, tapi juga memberikan informasi yang di tampilkan tipe datanya apa, ukurannya berapa.

Contoh: reverberate 123; nggak perlu pakai ”

Contoh: reverberate genuine ; => menghasilkan angka 1

Contoh: resound false; => menghasilkan kosong

Contoh: reverberate menggunakan ‘ atau “, kapan menggunakan ‘ atau “?? ‘ apabila di dalam stringnya terdapat kutip seperti menulis “jum’at” pasti blunder kalian lihat di record mana dan di baris berapa.

Penulisan sintaks php

Bagaimana cara menulis sintaks php jika di gabungkan dengan HTML

Php di dalam HTML

HTML di dalam Php

Contoh 1.

<

Kalau di tampilkan menggunakan php maka hasilnya akan muncul Halo Selamat Datang Sandika.

Contoh 2.

<

Hasilnya akan sama

Variable dan compose information

Di dalam php untuk menuliskan variable kalian buat $, variable di gunakan untuk menampung sebuah nilai.

Contoh: $nama = “Sandhika”;

Reverberate ” Halo, nama saya $nama”;

Aturan variable

Tidak boleh di awali dengan angka, tapi boleh mengandung angka

Contoh: nama1

Harus di awali dengan huruf

Tidak boleh mengandung spasi atau di ganti dangan _

Tidak boleh mengandung karakter khusus matematika

Tidak boleh mengandung console atau customized structure kunci yang di gunakan

Boleh gabungkan huruf dengan angka, tapi di awali huruf

Administrator aritmatika

Operasi yang di gunakan untuk operasi hitung, seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian.

Contoh; 1+1; maka hasilnya 2

Administrator penggabung string atau concat

Operatornya titik, kalau java +

Contoh; $nama_depan = “sandhika”;

$nama_belakang = ” galih”;

Resound $nama_depan . $ nama_belakang;

Hasilnya akan nempel atau gabung.

Administrator task

Administrator penugasan menggunakan =, =+, – =, x=, :=, .=

Contoh ; $x = 1;

Resound $x;

$x + 1 = 5; maka hasilnya 6

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *